lp3ik.umsidaSeperti Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, pada ramdhan 1439H LP3IK UMSIDA melaksanakan kegiatan Kajian Ramadhan Dosen dan Karyawan UMSIDA.  Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Ramadhan 1439H/26 Mei 2018, dengan Jumlah Peserta 385 orang,

Dr. H. Hidayatulloh, M.Si Selaku Rektor UMSIDA membuka kegiatan dan memberikan sambutan dalam sambutannya beliau memaparkan prestasi-prestasi yang berhasil diraih oleh UMSIDA diantaranya “Dosen umsida untuk tulisan ilmiah sudah 18 penulis yang masuk scopus serta terpilihnya Rektor UMSIDA menjadi salah satu dari sebelas Rektor inspiratif oleh majalah Men’s Obsession yang merupakan prestasi karyawan dan dosen UMSIDA secara Umum.

 

Dr. Abdul Mu’thi , M.Ed (Sekretaris PPM) merupakan salah satu narasumber yang diundang oleh LP3IK untuk mengisi materi kajian “Penguatan Hablum minallah dan Hablum minannas untuk mewujudkan persatuan bangsa.”

Rangkuman kajian yang disampaikan beliau dapat dipaparkan sebagai berikut :

Hablum= tersambung atau terikat (sesuatu yang menghubungkan dengan sesuatu yang lain)

Ali-Imran:103 tentang

وَٱعۡتَصِمُواْ بِحَبۡلِ ٱللَّهِ جَمِيعٗا وَلَا تَفَرَّقُواْۚ وَٱذۡكُرُواْ نِعۡمَتَ ٱللَّهِ عَلَيۡكُمۡ إِذۡ كُنتُمۡ أَعۡدَآءٗ فَأَلَّفَ بَيۡنَ قُلُوبِكُمۡ فَأَصۡبَحۡتُم بِنِعۡمَتِهِۦٓ إِخۡوَٰنٗا وَكُنتُمۡ عَلَىٰ شَفَا حُفۡرَةٖ مِّنَ ٱلنَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنۡهَاۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمۡ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمۡ تَهۡتَدُونَ

dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.

Menurut tafsir Habl disini adalah Al-Qur’an, I’tishom (bersatu) kita

Ali-Imran:112

ضُرِبَتۡ عَلَيۡهِمُ ٱلذِّلَّةُ أَيۡنَ مَا ثُقِفُوٓاْ إِلَّا بِحَبۡلٖ مِّنَ ٱللَّهِ وَحَبۡلٖ مِّنَ ٱلنَّاسِ وَبَآءُو بِغَضَبٖ مِّنَ ٱللَّهِ وَضُرِبَتۡ عَلَيۡهِمُ ٱلۡمَسۡكَنَةُۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمۡ كَانُواْ يَكۡفُرُونَ بِ‍َٔايَٰتِ ٱللَّهِ وَيَقۡتُلُونَ ٱلۡأَنۢبِيَآءَ بِغَيۡرِ حَقّٖۚ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَواْ وَّكَانُواْ يَعۡتَدُونَ

mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia[218], dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. yang demikian itu[219] karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh Para Nabi tanpa alasan yang benar. yang demikian itu[220] disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas.

Ayat ini menjelaskan kelompok yang berkerumun tidak memiliki ikatan antara satu sama lain maka tidak akan muncul comunity.

Hablumminalloh artimya ikatan manusia dengan Alloh (dalam Qs….: tentang perjanjian Alloh dengan Manusia) implementasinya adalah kita memilih Islam sebagai agama merupakan bentuk mengikatkan diri kita kepada Alloh.

Kesimpulannya Hablullah diartikan Addin, Al-Qur’an.

Syarat agar kita tidak terhina adalah harus berpegang pada Hablumminalloh dan habluminnas

Habluminannas: kita tidak bisa menjadi sukses tanpa dukungan orang lain.

Orang beranggapan berbuat baik kepada Alloh tetapi tidak berbuat baik kepada sesama manusia

Al-Lahab Habl bisa diartikan jeratan

Bagaimana habluminannas dengan dibatasi golongan,? sebuah pertanyaan yang disampaikan oleh Ali Shodikin.

“Ada sesuatu yang menyebabkan seseorang terikat. Dalam berhablum minaannas tidak boleh membedakan ras, sehingga terjalin ikatan yang karimah. Kita harus berani berbeda dengan yang lain (tidak ikut tahlil atau diba’) tetapi kita juga tidak boleh menghujat orang yang melakukannya tetap menghormatinya.” jawaban Dr. Abdul Mu’thi , M.Ed menanggapi pertanyaan pak Ali Shodiqin

 

Najib Hamid, M.Si  (Sekretaris PWM Jawa Timur) mengisi kajian sesi kedua dengan materi  Sinergi dakwah dan Politik.

dalam pemaparannya beliau sedikit banyak menyingung alasan mengapa beliau mencalonkan dirinya menjadi Calon DPD RI, yang dimana beliau menjelaskan bahwa pengajuannya  bukan karena ambisi atau misi Muhammadiyah, tetapi untuk pembuktian bahwa pemilu tanpa vakasi.

selain itu beliau menyampaikan bahwasannya Hasil evaluasi besarnya AUM belum bisa menjadi lahan Dakwah persyarikatan.

Mengapa Kader Muhammadiyah harus masuk politik, karena kekuasaan politik digunakan untuk berdakwah. Contoh kasus bu risma, minta menutup lokalisasi maka dengan kekuasaan politik dan kebijakan maka hal ini terlaksana.

“Hakikat politik itu di loby dan komunikasi.” ungkapnya menutup kajian yang disampaikan

 

Nur Kholis Huda, M.Si (Wakil Ketua PWM Jawa Timur) Pada Kajian sesi ke-3, kajian ini membahas materi menyelaraskan Habblumminallah dan habblum minannas yang disambing dengan mengupas buku “Hidup ini permainan tapi bukan main-main” yang dimana buku tersebut merupakan karya beliau sendiri.

Inti dari buku Hidup ini permainan tapi bukan main-main

من ذاالذي يقر ض الله فرضا حسنا فيضا عفه له اضعافا كثيرة ؤالله ………

Cinta kepada Alloh harus lebih besar dari segalanya QS:At-Taubah:24, Qs: Ali-Imran:92

Hidup adalah permainan tapi bukan main-main:

  1. Bermain harus dengan gembira
  2. Bermain itu punya tujuan

empat karcis menuju surga:

Kesalihan ritual = aktif beribadah maghdzoh, memperbanyak sholat sunnah, memperbanyak membaca Al-Qur’an

Kesalehan sosial= biarpun amalan maghdzoh baik tetapi ucapannya menyakiti hati maka

Kesalihan spiritual=hati selalu bersih

Kesalihan Publik

 

Drs. H.M. Sulthon Amien, M.Si. (Wakil Ketua PWM Jawa Timur) mengisi kajian pada sesi ke-4, dalam kesempatan ini beliau menyampaikan materi pribadi yang muhsin dan muhlis.

Ihsan artinya melaksanakan sesuatu serasa Alloh hadir dihadapan kita.

Kalau dalam kehidupan harus kita yang aktif melakukan kebaikan, jangan hanya membalas apabila diberi dan diam bila tidak diberi. (kalau kita pingin berubah dalam hidup).

Konsep Memaafkan:

  1. Diri= kedamaian bagi diri kekuatan tanggungjawab penyembuhan pemenangan
  2. Pertaubatan= stop kedzaliman, mengganti kerugian, melakukan perbaikan, membuat hubungan baik.
  • Penzaliman akan tersimpan dalam pikiran bawah sadar kita akan mempengaruhi aktivitas kita

Qs. Al-Ankabut:69

وَٱلَّذِينَ جَٰهَدُواْ فِينَا لَنَهۡدِيَنَّهُمۡ سُبُلَنَاۚ وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلۡمُحۡسِنِينَ

  1. dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.

Kuncinya : Ihlas kalau digambarkan berupa 1/0= tak terhingga

*Materi yang disampaikan oleh Drs. H.M. Sulthon Amien, M.Si dapat didownload di sini

 

Prof. Achmad Jainuri MA., Ph.D & Ali Fauzi- mengisi Kajian sesi terakhir dengan materi Menyikapi Gerakan Radikalisme

Membuka Kajian pada sesi ini diisi oleh Prof. Achmad Jainuri MA., Ph.D, yang dimana pemaparan beliau dapat disimpulkan sebagai berikut :Radikal adalah: sikap memaksakan keinginan agar orang lain mengikutinya (pemikiran).

Dalam gerakan akan muncul dalam kondisi sosial yang sedang konflik, maka ada tuntutan keinginan

Gerakan radikal muncul karena ada latar belakang ketidak adilan yang dirasakan umat Islam maka muncullah sikap radikal melalui perang (pengeboman dan lain2) artinya menggunakan kekerasan untuk menyelesaikan persoalan. Maka dalam menyebarkan Islam jangan dengan model Radikal.

Menutup kajian ini Ali Fauzi Manzi ( Mantan Napiter, pendiri yayasan lingkar perdamaian) beliau memaparkan pengalaman beliau dari menjadi teroris bahkan gurunya teroris lalu insaf dan sekarang membantu polisi memberantas jaringan teroris yang ada di Indonesia.

Materi yang disampaikan oleh Ali Fauzi Manzi dapat didownload di sini

 

Dr. Abdul Mu’thi, M.Ed.
Drs. Najib Hamid, M.Si.
Drs. Nur Cholish Huda, M.Si.

 

 

 

Drs. H.M. Sulthon Amien, M.Si.
Ali Fauzi Manzi bersama para dosen   umsida

 

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *